Tolong Share :

Breaking News
recent

Bagaimana Agar Sukses Berbisnis




Siapa yang tidak kenal dengan Bob Sadino?

Pengusaha ternak yang doyan menggunakan celana pendek ini ternyata memulai usahanya dengan cara menawari telur hasil ternaknya secaradoor-to-door. Itu artinya Bob Sadino menjual harga dirinya untuk berkeliling dari rumah ke rumah hanya untuk menawarkan produk hasil keringatnya sendiri.


Sukses Berbisnis Dengan Cara Sendiri

Produk yang saat itu tidak terlalu banyak orang yang menggubrisnya, kini menjadi semakin diminati. Di mana Kemchicks kini dicari oleh banyak orang di Jakarta. Tidak perlu sekolah, cukup dengan berani dan percaya diri. Itulah kunci kesuksesan seorang Bob Sadino. Seorang yang pernah diundang oleh pemerintah pusat, namun tidak dapat menembus protokol karena ia mengenakan celana pendek kebesarannya.

Hendi Setiono. Pengusaha muda asal Surabaya yang di drop out dari kampusnya. Dengan selera Timur Tengah-nya, Hendi Setiono memperkenalkan Baba Rafi. Sebuah produk kebab ala Turki yang dijual di Indonesia. Hal ini bermula dari hobinya dan selera kulinernya, Hendi Setiono memberanikan diri untuk memperkenalkan seleranya tersebut kepada khalayak ramai. Bermula dari satu gerobak dorong yang didorongnya sendiri hingga kini ratusan kedainya telah bertebaran di seluruh nusantara.

Apakah untuk Menjadi Kaya Tidak Harus Pintar?

Siapa bilang? Kecerdasan intelektual tetap harus dipegang teguh. Kedua pengusaha sukses tadi (Bob Sadino dan Hendi Setiono) adalah salah satu contoh kecil kesuksesan seseorang yang bermula dari tekad dan kerja keras tanpa didukung dengan pendidikan yang tinggi. Namun, sukses tidak berarti harus menjadi kaya raya. Sukses adalah ketika Anda berhasil mendirikan mimpi-mimpi Anda menjadi nyata.

Demikian pula seperti yang dilakukan oleh Anies Baswedan. Rektor Universitas Paramadina ini tercatat sebagai rektor termuda se-Indonesia. Dan itu tercapai berkat intelektualitasnya.

banner

Jadi, Apa yang Harus Dilakukan Agar Menjadi Sukses?

Ada beberapa hal yang harus dicermati. Hal ini tentunya tidak hanya untuk menjadi sukses dalam belajar usaha atau berbisnis, tetapi juga sukses dalam menjalani kehidupan:

1. Percaya Diri

Percaya adalah modal utama dalam menjalankan sebuah. Banyak sekali orang orang yang memiliki ide bisnis yang luar biasa. Tapi kembali kepada kepercayaan diri dari seseorang tersebut untuk memulai sebuah usaha. Mereka selalu berfikir apakah usaha yang akan dijalankan akan sukses? Apakah ide usaha yang akan dijalankan bisa berjalan? Darimana saya akan mendapatkan untuk memulai sebuah usaha?

Pertanyaan-pertanyaan diatas selalu muncul dalam benar beberapa orang dalam memulai usaha. kembali kepada kepercayaan diri tersebut yang akan membuat usaha tersebut akan berjalan. Maka dari itu modal yang utama adalah hilangkan rasa takut. Hilangkan pertanyaan diatas. Memulai sebuah usaha  harus berawal dari tekat dan kepercayaan diri. Bukan modal yang menjadi syarat utama dalam membuka sebuah bisnis.

2. Kerja Keras

Dalam hidup jika ingin sukses usaha maka kerja keras adalah hal wajib. Contohnya dari kerja keras dalam berbisnis adalah ketika kita tak kenal lelah untuk promosi. Tetap membuka usaha tersebut walau memiliki keterbatasan modal. Seorang usahawan seperti si anak singkong chairul tanjung dalam usahanya tak kenal lelah. Dan selalu bekerja keras dalam membuat usahanya sukses seperti sekarang ini.

Maka dari itu jika usaha yang dijalankan ingin sukses. Terus bekerja keras dan pantang menyerah. Insya Allah dengan niat yang baik akan membuat jalan kita dalam berusaha akan dimudahkan. Dan akan diberi jalan menuju kesuksesan. Jangan pernah lupa untuk bersedekah. Karena dengan itu kerja keras akan terasa lebih berarti.

3. Sabar

Yang membuat sebuah usaha tidak berkembang atau usaha tersebut sering bangkrut adalah kurangnya rasa sabar dari sebagian orang. Dalam menuju kesuksesan bukan diraih dengan cara yang instal. Perlu kesabaran dan kerja keras untuk meraihnya. Dalam menjalankan sebuah usaha dimulai dari mendapatkan keuntungan yang sedikit hingga mendapatkan keuntungan yang sebanyak banyaknya ketika sudah mencapai kesuksesan.

Tips utama dari kesabaran dalam belajar membuka sebuah usaha adalah fokus. Maksud dari fokus tersebut adalah fokus terhadap salah satu usaha. jangan pindah-pindah atau membuka usaha lain ketika terdapat orang yang sukses membuka usaha tertentu. Teruslah untuk menjalankan usaha tersebut. Bersabar hingga usaha tersebut mampu berkembang dan sukses.

Tapi jika dalam bersabar tersebut terdapat analisa bahwa usaha tersebut tak akan berkembang lebih baik membuka usaha yang lain. Analisa kembali apakah usaha lain tersebut memiliki prospek yang lebih cerah. Sebelum menemukan usaha lain. Tetap lah fokus dan bersabar dengan usaha tersebut.

4. Mau Belajar

Dalam berbisnis mau belajar adalah salah satu hal menuju kesuksesan. Mungkin untuk sebagian orang belajar hanya dilakukan ketika masih dalam bangku sekolah atau bangku kuliah. Tapi dalam berbisnis dan berusaha belajar adalah hal yang penting. Belajar dalam berbisnis dan berusaha seperti belajar mengenai karakter pasar. Belajar mengenai bagaimana mengelola keuangan.

Dalam hal ini keuntungan dari belajar tersebut adalah usaha yang dikembangkan akan terus berkembang. Jadi usaha tersebut tak hanya disitu saja. Seperti misalnya ketika usaha makanan. Jika kita tidak belajar mengelola uang maka usaha tersebut akan berenti disitu saja. Tapi jika terus belajar makan usaha makanan tersebut akan dapat menjadi sebuah restaurant kelas bintang lima. Jangan pernah berhenti untuk belajar mungkin itu pepatah yang tepat untuk seorang pengusaha.

5. Visioner (Melihat ke Depan)
Maksud dari visioner atau melihat kedepan adalah bagaimana tujuan dan arah dari bisnis atau usaha yang dikembangkan. Bagaimana langkah kedepan yang akan diambil untuk meraih kesuksesan. Dalam hal ini adalah analisa yang tepat untuk membuat usaha tersebut berkembang lebih baik. Seorang pengusaha yang baik adalah seorang yang akan membuat program jangka pendek, program jangka menengah dan program jangka panjang dari sebuah bisnis yang dijalankan.

Hal ini tentunya memerlukan sebuah pemikiran yang cerdas dalam membuat sebuah program program tersebut. Hal utama untuk membuat program program tersebut adalah pengamatan pasar. Jadi bagaimana pasar dari usaha yang sedang dikembangkan. Seperti misalnya usaha emas. Jadi ada kalanya membeli emas ketika harga emas itu jatuh. Dan mampu membaca kedepan bagaimana keadaan emas dimasa mendatang.

6. Tidak Mudah Menyerah pada Keadaan

Seperti hanya dengan kerja keras, tidak mudah menyerah ini adalah satu paket. Jadi jika ada kerja keras dalam usaha harus ada tidak mudah menyerah. Seorang pengusaha tidak akan menyerah walaupun kondisi usaha yang sedang dijalankan sedang dalam masa suram.

Jika demikian maka hal utama yang ada dalam pengusaha adalah sifat tersebut. Jika sudah menyerah maka usaha ttersebut akan bangkrut lebih awal. Jadi harus terus berusaha bagaimana membuat usaha tersebut tetap hidup dan berjalan. Karena dalam membuka usaha bukan diri sendiri yang dipikirkan tapi pekerja lain yang selalu setia dibelakang kita. Tetap berusaha dan pantang menyerah walau dalam keadaan apapun.

7. Semakin Banyak Memberi, Semakin Banyak Menerima

Bagi kau muslim jika ingin pintu rezeki nya dibukakan oleh Allah maka bersedekah lah. Mungkin hal itu juga berlaku untuk pengusaha. Jadi maksudnya adalah jangan pernah berfikir dua kali untuk menjadi sponsor. Dengan memberi dana kepada promotor maka secara tidak langsung terebut adalah memberi. Beri juga sebagian keuntungan dari membuka usaha kepada orang yang membutuhkan.

8. Jeli Melihat Kondisi

Seorang pengusaha yang pintar adalah mereka yang mampu melihat sedikit cela dari sebuah keadaan. Melihat kondisi pasar yang dapat membuat keuntungan lebih untuk usaha yang sedang dijalankan. Tentunya agak sulit bagaimana melihat kondisi pasar. Tapi jika hal tersebut sering dilakukan maka feeling dalam membaca keadaan pasar akan menjadi lebih baik. Yang terpenting adalah jangan takut gagal.

9. Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Peka akan keadaan sekitar adalah peka dengan perubahan pola dan gaya hidup masyarakat. Seperti misalnya usaha salon maka keinginan atau style pelanggannya akan berubah seiring dengan perubahan gaya rambut yang ada. Maka untuk pengusaha jenis ini harus terus berusaha bagaimana membaca terhadap perubahan style.

10. Semakin Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Dari semua usaha usaha diatas tak akan ada artinya jika tidak mendekatkan diri terhadap tuhan. Usaha tanpa doa adalah omong kosong, dan doa tanpa usaha adalah kebodohan. Maka tetaplah mendekatkan diri dengan tuhan dalam kondisi apapun.

Kesepuluh tips sukses berbisnis tersebut-lah yang harus mulai diperhatikan. Karena kesepuluh poin tersebut saling memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Saling mengisi dan mendukung satu sama lainnya.

Jadi, apakah Anda telah siap untuk sukses dalam berbisnis?

Sumber : anneahira.com


sifandy com

sifandy com

Diberdayakan oleh Blogger.